Friday, April 21, 2017

Pembagian Buku Bacaan Gratis Oleh Perusahaan

Buku merupakan jendela dunia, dengan banyak membaca buku maka akan memperbanyak pengetahuan dan memperoleh informasi apa saja yang bisa didapatkan dengan membacanya. Manfaat membaca buku tidak hanya dapat dirasakan bagi kalangan anak muda saja, orangtua sekalipun bisa merasakan hal yang sama dari manfaat buku tersebut.

Walau teknologi sudah canggih, memperoleh informasi bisa didapatkan melalui intenet, namun belum semua orang yang bisa merasakan internet di daerahnya tersebut, termasuk didaerah terpencil seperti disebagian pedalaman Pulau Kalimantan maupun Papua. Dengan adanya faktor masalah tersebut, tidak heran jika masyarakat yang berada di daerah tersebut masih mengandalkan buku bacaan sebagai referensi bahan bacaan ataupun untuk memperoleh informasi mengenai dunia luar serta memperoleh pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya.

Oleh sebab itu melalui bentuk kepedulian perusahaan, baru-baru ini PT. Agro Bukit di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah akan berencana menyalurkan beberapa buku bacaan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja di daerah tersebut. Ada ratusan buku bacaan yang telah didatangkan untuk dibagi-bagikan kepada siapa saja yang membutuhkannya seperti kepada beberapa sekolah, masyarakat umum dan beberapa karyawannya.

Perwakilan Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Agro Bukit mengungkapkan program pembagian buku bacaan merupakan bentuk kepedulian perusahaan dibidang pendidikan, namun adanya penyaluran buku gratis ini tidak hanya ditujukan kepada sekolah-sekolah saja melainkan kepada masyarakat umum dan beberapa karyawan yang membutuhkannya. Adapun informasi mengenai pembagian buku gratis ini telah disosialisasikan jauh sebelumnya guna mengetahui minat masyarakat sekitar untuk membutuhkan buku tersebut.

Ia melanjutkan nantinya penyaluran buku tersebut akan dilakukan secara terpadu dengan melakukan pendataan terlebih dahulu siapa saja yang menginginkan buku-buku bacaan tersebut, selanjutnya akan disortir menurut jenis buku bacaan mana yang layak untuk dibagikan sesuai dengan tingkatan umur dari penerima nantinya. Buku-buku pendidikan diperioritaskan untuk anak kalangan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, sedangkan jenis buku lainnya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar atau karyawan PT. Agro Bukit yang menginginkannya.

Untuk karyawan sendiri buku yang akan disalurkan berupa buku pengetahuan untuk keterampilan, buku informasi pembibitan, buku informasi pemupukan, buku informasi kewirausahaan dan sebagainya. Sedangkan untuk masyarakat sekitarnya diperioritaskan buku bacaan seperti buku informasi kuliner, informasi kesehatan, informasi kebudayaan, novel, majalah dan lain sebagainya. Namun tidak terrtutup kemungkinan untuk menyalurkan jenis buku lainnya jika ada permintaan khusus dari si penerima buku tersebut nantinya.

Pemberian buku bacaan juga untuk mendorong minat banyak orang dalam membaca sehingga kebiasaan membaca buku akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya nantinya. Dengan pola kebiasaan membaca buku, tentu akan memberikan banyak manfaat bagi mereka, seperti:

1.    Dengan banyak membaca buku dapat menstimuasi mental, sehingga kegiatan membaca buku dapat menjaga otak agar tetap aktif sehingga fungsinya dapat berjalan secara benar dan baik.
2.    Membaca buku dapat menekankan hormon stres sehingga siapa saja yang membaca buku dapat membuat pikiran mereka lebih santai dan rileks.
3.    Kebiasaan dalam membaca buku dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang luas bagi mereka.
4.    Banyak membaca juga dapat meningkatkan kualitas memori, karena dengan adanya aktiftas membaca akan banyak mengingat bacaan tersebut yang akhirnya akan tersimpan kedalam memori otak seseorang.
5.    Pada saat membaca buku seseorang juga dapat melatih konsentrasinya dalam membaca sehingga fokus untuk membaca isi dari buku bacaan tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari membaca buku yang bisa dirasakan oleh siapa saja yang melakukannya. Seperti yang diharapkan oleh PT. Agro Bukit melalui penyaluran buku ini bahwa dengan adanya penyaluran buku tersebut akan meningkatkan keinginan atau kebiasaan mereka untuk membaca serta nantinya buku tersebut juga akan banyak menghasilkan manfaat bagi mereka semuanya.